Searching...

Popular Posts

Monday 16 February 2015

Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Ginjal

06:43
Gejala penyakit ginjal yang paling sering terjadi. Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi sebagai organ ekskresi yang menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Pada orang yang normal, di badannya terdapat dua buah organ ginjal yang terletak pada belakang perut, di bagian kiri dan kanan tulang belakang.

Jika ginjal mengalami kerusakan maka fungsinya untuk menyaring kotoran menjadi terganggu. Kerusakan pada ginjal dapat terjadi secara akut maupun kronis. Penyakit ginjal akut akan terjadi secara tiba – tiba, berbeda dengan penyakit ginjal kronis, ginjal akan kehilangan fungsinya secara bertahap. Kerusakan pada ginjal terjadi karena beberapa penyebab. Seperti penyakit yang lainnya, kerusakan pada ginjal bisa dikenali tanda dan gejalanya.

Untuk mengetahui secara lengkap hal - hal apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit ginjal ini, dapat sobat baca selengkapnya di penyebab sakit ginjal yang harus dihindari.

gejala penyakit ginjal


Tentang bagaimana ciri dari penyakit ginjal ini semua akan kita kupas secara tuntas. Berikut ulasannya.

Gejala Penyakit Ginjal Awal

Beberapa hal yang bisa sobat kenali tentang awal mula munculnya penyakit ginjal ini antara lain:

Timbul rasa gatal berlebih dan ruam pada kulit

Rasa gatal pada kulit diakibatkan karena racun yang seharusnya dikeluarkan lewat air seni menjadi tertahan di dalam tubuh. Racun yang tidak busa dikeluarkan tersebut akan memicu gatal pada kulit. Tentunya kulit juga mempunyai fungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, namun fungsinya tidak sebagus dengan fungsi ginjal. Hanya sedikit racun yang bisa dikeluarkan melalui kulit. Rasa gatal ini akan menyebabkan ruam apabila terus menerus digaruk. Biasanya rasa gatal berlebih akan dibarengi dengan pembengkakan pada bagian tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lain sebagainya.



Anemia 

Anemia bisa terjadi pada saat awal perjalanan penyakit ginjal. Penyebab anemia adalah karena menurunnya sel darah merah sehingga konsentrasi hemoglobin yang rendah. Ketika ginjal bermasalah, terjadi penumpukan racun dan cairan yang berlebihan. Hal tersebut mengganggu fungsi ginjal yang menghasilkan hormon eritropoietin yang membantu pembentukan sel darah merah. Akibatnya hormon eritropoietin yang dihasilkan sedikit sehingga sel darah merah yang dibentuk pun sedikit, maka terjadilah anemia.

Baca juga: Cara Mengatasi Anemia Mudah Tanpa Obat

Sering mengalami nyeri dada dan sesak napas

Hal ini diakibatkan adanya peradangan pada selaput pembungkus jantung. Terdapat 2 penyebab pasien penyakit ginjal sering mengalami sesak napas, yang pertama adalah karena cairan yang berlebih akibat tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan menutup saluran paru. Yang kedua, karena anemia yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Pada umumnya pasien akan mengalami susah tidur karena sesak napas dan perut terasa kembung terus menerus.

Tubuh kedinginan

Anemia dapat menyebabkan tubuh merasa kedinginan. Pasien penyakit ginjal sebagian menyatakan bahwa tubuhnya merasa kedinginan ketika terbangun pada saat malam hari.

Kepala pusing sehingga sulit konsentrasi

Kepala pusing sering terjadi pada seorang yang menderita anemia karena asupan oksigen ke otak menjadi berkurang dan mengakibatkan hilangnya konsentrasi seseorang.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Kepala Alami Tanpa Obat

Sakit di area pinggang

Seorang yang mempunyai masalah dengan ginjalnya sering kali merasakan nyeri di area pinggang. Nyeri pinggang ini berbeda dengan nyeri yang biasa timbul karena kelelahan atau pegal – pegal. Ciri sakit pinggang karena penyakit ginjal adalah rasa sakit yang tiba – tiba, dan dalam keadaan berat akan terasa sakit sekali. Sakit timbul pada bagian belakang samping, dibawah tulanh punggung, perut bagian bawah, lipatan paha dan daerah kemaluan. Terkadang disertai dengan rasa mual dan muntah.

Nyeri ketika buang air kecil

Selain rasa sakit pada pinggang, gejala umum yang timbul karena sakit ginjal adalah rasa nyeri ketika buang air kecil. Air seni yang dikeluarkan hanya sedikit dan terasa seperti masih ada air seni yang harus dikeluarkan namun tidak bisa dikeluarkan. Biasanya pada malam hari menjadi sering terbangun dari tidur untuk buang air kecil. Warna air seni menjadi lebih pekat. Pada kasus yang sudah akut air seni yang keluar disertai dengan darah.

Bau mulut

Seorang yang menderita penyakit ginjal biasanya mengalami bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan banyaknya limbah yang seharusnya dikeluarkan lewat air seni namun tertahan di dalam tubuh sehingga mengakibatkan bau mulut. Gejala bau mulut memang bukan serta merta sebagai gejala penyakit ginjal, harus disertai dengan gejala pendukung yang lain.

Bengkak pada beberapa bagian tubuh

Gejala penyakit ginjal lainnya adalah bengkak pada tubuh. Bengkak disebabkan karena cairan yang seharusnya dikeluarkan lewat ginjal menjadi tertimbun di dalam tubuh. Pembengkakan biasanya terjadi pada muka, lengan, pergelangan kaki, kaki, pergelangan tangan, tangan.

Sering pegal pada kaki

Pada penderita gagal ginjal kronik terjadi gangguan pada system syaraf berupa rasa pegal yang sering terjadi pada kaki. Penderita juga sering mengalami rasa kesemutan terutama pada telapak kakinya.

Bagi sobat yang belum mengalami gejala di atas sebaiknya tetap menjaga kesehatan ginjal dengan cara konsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, minum air putih 8 gelas sehari, jauhi alkohol dan rokok serta kurangi konsumsi antibiotik yang berlebihan. Sayangi ginjal sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga:

1. Bahaya Merokok yang Mematikanmu
2. Bahaya Mien Instan dan Tips Aman Makan Mie Instan

Jaga ginjalmu, cintai hidupmu. Keep healthy, please share ya, biar makin banyak yang tahu. Satu share dari sobat sangat bermanfaat bagi orang-orang disekitar sobat yang ikut membaca.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.