Searching...

Popular Posts

Sunday 5 October 2014

Mengatasi Susah Buang Air Besar Dengan Bahan Alami

20:37
Cara mengatasi sembelit. Sembelit sebenarnya bukanlah suatu penyakit, jadi sobat tidak perlu buru – buru mencari obt pencahar untuk mengatasinya. Dengan trik dan bahan alami kita sudah bisa mengatasi sembelit yang mengganggu dan serinng kali membuat kita berada di posisi yang sangat tidak nyaman.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sembelit atau susah buang air besar. Sebenarnya bahaya tidak sih kalau kita mengalami sembelit? Kalau kita terlalu sering mengkonsumsi obat pencahar atau pelancar BAB berbahaya tidak. Terus apa sih penyebab sembelit itu. Hemm, pertanyaan seperti itu pasti sering muncul di pikiran kita, dari pada bertanya – tanya yuk kita baca ulasannya.

Cara Mengatasi Sembelit atau Susah Buang Air Besar
Sembelit atau dalam bahasa medis kita mengenalnya sebagai konstipasi tentu sangat mengganggu. Sembelit bisa terjadi karena pola hidup kita yang kurang sehat, misalnya kurang minum air, makan makanan yang rendah serat, terlalu sering menunda keinginan untuk BAB. Hal – hal tersebut mampu mempengaruhi terjadinya sembelit pada tubuh kita.

Bagaimana sih proses tejadinya sembelit itu. Sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi sembelit, kita juga harus tahu bagaimana proses sembelit bisa terjadi. Selain karena makanan yang rendah serat dan minum air yang kurang, kebiasaan kita sering menunda BAB juga sangat berpengaruh. Sobat sudah tahu kan kalau usus besar kita itu terbagi pada beberapa bagian, yaitu asenden, transversum, desenden dan sigmoid. Di usus besar inilah proses pembentukan tinja terjadi. Saat sampai di asenden dan transversum tinja kita masih dalam bentuk cair. Setelah sampai di desenden cairan akan diserap oleh usus sehingga tinja kita akan berbentuk agak lunak. Jika sobat sudah merasakan dorongan untuk BAB namun menundanya, cairan di tinja kita akan semakin diserap oleh si usus besar sehingga lama kelamaan tinja kita akan mengeras, hal tersebut yang menyebabkan terjadinya sembelit.

susah buang air besar

Susah Buang Air Besar dan Obatnya
Ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi susah buang air besar yang bisa sobat coba dirumah, apa saja tipsnya yuk kita lihat sama – sama:

Minum Cukup Air
Dalam satu hari setidaknya sobat harus mencukupi asupan cairan minimal 1,5 liter atau 8 gelas. Dengan mencukupi asupan cairan proses pencernaan sobat akan lancar, selain itu air juga mamp menghilangkan racun racun yang ada di dalam tubuh.

Perbanyak Sayuran yang Tinggi Serat
Serat mampu membuat kita terhindar dari sembelit. Karena serat sulit dicerna oleh tubuh kita, serat akan menjaga cairan yang ada di usus besar tidak sepenuhnya terserap kembali oleh dinding usus sehingga tinja akan tetap lunak.

Perbanyak Konsumsi Pepaya
Pepaya selain kaya dengan vitamin C ternyata buah ini juga tinggi serat sehingga sangat membantu dalam proses melancarkan susah buang air besar

Stoberi
Makan stroberi ternyata juga mampu melancarkan BAB, selain mendapatkan BAB lancar stroberi sangat kaya vitamin C yang sangat bagus untuk kulit kita.

Pisang
Makan pisang juga bermanfaat untuk melancarkan BAB. Pisang dipercaya mampu melancarkan susah buang air besar.
susah buang air besar

Olahraga Rutin
Olahraga rutin akan membantu pergerakan dalam semua sistem tubuh kita termasuk pencernaaan. Selain itu kita juga akan mendapatkan tubuh yang bugar dengan beroah raga rutin.

Itulah beberapa tips sebagai cara untuk mengatasi sembelit. Semoga bermanfaat, yang paling penting jaga gaya hidup sobat untuk menjaga kesehatan tubuh sobat. Sobat mau tahu bagaimana cara mengatasi berbagi macam penyakit dengan cara alami baca ya disini. Ada juga tips untuk memilih pemutih wajah yang aman dan terdaftar di BPOM baca juga disini.

Tetap jaga diri dan Keep healthy.

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.