Searching...

Popular Posts

Friday 26 September 2014

Cara Mengatasi Ambeien Dengan Bahan Alami

15:17
Cara mengatasi ambeien. Wasir,hemorroid atau disebut juga ambeien bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Pada orang tua, dewasa bahkan juga bisa terjadi pada anak – anak. Ambeien itu sendiri merupakan pelebaran pleksus atau vena hemoroidialis yang berada di anus. Hemoroid  juga di bagi menjadi beberapa grade atau stadium. Pada grade yang ke empat ambeien hanya bisa di sembuhkan dengan cara operasi. Namun pada derajat yang masih ringan, ambeien bisa di obati atau minimal di kurangi gejalanya dengan beberapa ramuan tradisional.

cara mengatasi ambeien

Cara Mengatasi Ambeien

Sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi ambeien ambeien, kita harus tahu terlebih dahulu hal – hal apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya ambeien ini. Ambeien atau hemoroid lebih sering disebabkan oleh gaya hidup dari diri kita sendiri yang kurang sehat. Hal – hal yang bisa menyebabkan terjadinya ambeien atau wasir ini antara lain:

1. Terlalu Banyak Duduk
Terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko terjadinya ambeien, karena akan terjadi peningkatan tekanan pada daerah vena hemoroidialis. Jika pekerjaan sobat menuntut untuk terlalu sering duduk, usahakan untuk berdiri atau berjalan – jalan minimal 3 sampai 4 menit setiap 2 jam sekali.

2. Diet Rendah Serat dan Sedikit Minum Air
Bagi sobat yang terlalu memilih makanan, nggak baik lho menghindari sayur. Karena sayur itu tinggi serat. Kalau sobat nggak mau mengkonsumsi sayuran BAB sobat akan mengeras. Hal ini juga akan meningkatkan resiko timbulnya ambeien. Selain makan sayuran yang cukup, usahakan untuk minum air putih minimal 1,5 liter per hari atau 8 gelas.

3. Keturunan
Bagi sobat yang dalam keluarganya ada riwayat pernah terkena ambeien, harus berhati – hati ya karena ambeien ini ternyata juga bisa menurun. Sobat harus menjaga pola makan sobat dan juga pola hidup sobat.

Tanda – Tanda Ambeien
Beberapa hal yang dapat menandai ambeien antara lain adalah:

1. Perdarahan berupa darah segar yang ikut muncul ketika BAB.
2. Terdapat penonjolan yang awalnya penonjolan ini dapat dikembalikan lagi, namun pada grade 4 tonjolan ini harus dikembalikan dengan cara operasi yang di sebut operasi hemoroidektomy.

Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi ambeien selain dengan cara operasi. Hal – hal tersebut antara lain adalah:

1. Perbanyak minum air

Jika sobat sudah mengalami gejala ambeien sobat harus minum air minimal 2 liter per hari. Hal ini bertujuan agar bab sobat tidak mengalami sembelit

2. Perbanyak makanan tinggi serat

Makanan yang tinggi serat juga membantu melancarkan BAB.


3. Hindari makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan diare. Hal tersebut akan lebih memperparah keadaan ambeien. Karena akan mengiritasi daerah sekitar ambeien.

4. Kulit Manggis

Kulit manggis yang kaya antioksidan juga mampu mengatasi ambeien. Caranya yaitu keringkan kulit manggis lalu rebus dengan air secukupnya. Saring kemudian diminum setiap pagi atau malam hari.

cara mengatasi ambeien

5. Daun Pepaya

Ternyata daun pepaya Juga bisa digunakan untuk meringankan gejala ambeien. Cara untuk membuat ramuan dari daun pepaya ini cukup mudah yaitu ambil beberapa lembar daun pepaya muda kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Saring rebusan daun pepaya tersebut lalu minum setiap pagi hari. Jika rutin dilakukan insya Allah ambeien lama – lama akan mengecil.

6. Bunga Pagoda

Untuk mendapatkan ramuan obat ambeien ini bahan yang harus sobat sediakan antara lain bunga pagoda 6 sampai 7 lembar, madu sebanyak 25ml dan air 110 ml. Rebus bahan – bahan tersebut sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit, saring dan minum setiap pagi atau sore hari.

Itulah beberapa cara mengatasi ambeien dengan bahan yang alami. Bila ambeien tidak ada perubahan segeralah konsultasikan kesehatan sobat dengan dokter. Pola hidup yang sehat dapat mencegah terjadinya ambeien. Sayangi tubuh sobat karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

untuk menambah pengetahuan sobat juga bisa membaca  :
1. cara mengatasi haid tidak teratur
2. krim pemutih berbahaya kenali dari cirinya

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.